A.
Pengertian Informatika
Informatika adalah
bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta
prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut. Istilah informatika
sepadan dengan istilah dalam bahasa Inggris informatics, computing, atau
computer science. Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya
dalam pengembangan Sistem Komputer.
Komputasi adalah ilmu
yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk
menyelesaikan masalah-masalah sains. Menurut KBBI, komputasi adalah:
a. Penghitungan dengan menggunakan komputer;
b. Dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau
peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
Landasan berpikir
belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (computational
thinking). Berpikir komputasional merupakan suatu kerangka dan proses
berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar
(reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini
didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoretis dan praktis, serta teknik
untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan.
Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat perguruan tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.
Perkembangan era digital diawali dengan 4.0 yakni dikalangan industri dan saat ini masuk pada 5.0 yanki dikalangan masyarakat dikarenakan saat ini masyarakat masuk pada kehidupan secara fisik maupun siber (dunia maya) didukung oleh akses internet. Perkembangan informatika di kalangan masyarakat ini mulai dari media sosial, game online, memesan makanan dan transportasi online, mendaftar sekolah. Contoh lain juga bisa kita temukan atau kita alami sendiri. Pembelajaran daring selama masa pandemi adalah salah satunya.
B.
Bidang-Bidang
Pengetahuan Informatika
Bidang informatika dikelompokkan sebagai berikut :
1. Berfikir Komputasional (Computational Thinking)
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (Informationand Communication
Technology)
3. Sistem Komputer (Computing System)
4. Jaringan Komputer dan Internet (Computing Network)
5. Analisis Data (Data Analysis)
6. Algoritma dan Pemrograman (Algorithms & Programming)
7. Dampak Sosial Informatika (Social Impact of Informatics)
8. Praktika Lintas Bidang (Computing Practices)